Popartustd1a’s Weblog

just think what do you think..

Art Nouveau

Art Nouveau adalah sebuah aliran/ langgam / gaya seni rupa modern yang marak pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 di Eropa daratan, dan memuncak pada 1890―1905. Karya Art Nouveau biasanya dicirikan dengan bentuk-bentuk plastis dan organis, memiliki desain yang terinspirasi dari motif-motif tumbuhan, tapi tetap mengandalkan prinsip-prinsip geometris. Nama dari Art Nouveau itu sendiri berasal dari sebuah nama toko di Paris, yaitu Maison de l’Art Nouveau. Toko milik Siegfried Bing tersebut mempunyai banyak objek yang kemudian menjadi pendekatan dari bentuk desain Art Nouveau.
Penyebab munculnya Art Nouveau adalah Revolusi Industri di Inggris yang telah menyebabkan mekanisasi di dalam banyak hal. Barang-barang dibuat dengan sistem produksi massal dengan ketelitian tinggi. Sebagai dampaknya, keahlian tangan seorang seniman tidak lagi begitu dihargai karena telah digantikan kehalusan buatan mesin. Revolusi Industri dianggap telah menghilangkan sifat manusiawi dalam seni. Sebagai jawabannya, seniman beralih ke bentuk-bentuk yang tidak mungkin dicapai oleh produksi massal (atau jika bisa, akan biaya pembuatannya menjadi sangat mahal). Lukisan, karya-karya seni rupa, dan kriya diarahkan kepada kurva-kurva halus yang kebanyakan terinspirasi dari keindahan garis-garis tumbuhan di alam, yaitu Art Nouveau.
Art Nouveau mendapat inspirasi dari karya seni dari Asia Timur, khususnya China dan Jepang. Art Nouveau disebut sebagai ‘total style’ karena memiliki tingkat hierarki dalam dunia desain, yaitu meliputi arsitektur, desain interior, seni dekoratif ( perhiasan, tekstil, furniture, peralatan rumah tangga, dan lainnya). Art Nouveau sempat berkembang sangat pesat dan menyebar ke seluruh Eropa. Tetapi kejayaan Art Nouveau tidak bertahan lama karena segera digantikan oleh aliran seni baru yang bernama Art Deco. Selain itu, biaya pembuatannya yang mahal juga merupakan salah satu alasan utama mengapa Art Nouveau tidak bertahan lama.
Di masing-masing negara, Art Nouveau memiliki nama/sebutan lokal masing-masing, antara lain:
Jerman = Jugend Stilj

Austria = Vinna Secession

Italia = Stile Liberty

Spanyol = Modernista

Inggris = Glasgow School

sumber :

http://www.balipost.com/balipostcetak/2006/6/22/pr3.htm

http://www.properti.net/konsultasi/arsitek/tanyajawab.php?baca=detil&ke=82&p=1

http://en.wikipedia.org/wiki/Art_Nouveau

Advertisements

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: